Portal Seputar Tutorial > kata Romantis > Blog > Bisnis Online > Paket Internet > Gadget > Komputer > Kesehatan dll.

Aug 28, 2015

Solusi Cara Memperbaiki Micro SD Yang Error Tidak Bisa Di Format

Cara Memperbaiki Micro SD Error Tidak Bisa DiformatKeberadaan micro SD sebagai memori eksternal pada ponsel sangat penting. Banyak pengguna ponsel pintar memanfaatkan micro SD ini untuk menunjang performa ponsel mereka. Sayangnya komponen berukuran mungil ini rawan kerusakan terutama jika berkaitan dengan penggunaan koneksi internet yang mudah sekali membawa virus. Hingga tanpa Anda sadari tiba-tiba micro SD yang sangat Anda andalkan rusak. Dan ketika Anda mencoba memperbaikinya dengan melakukan format ulang, justru kerusakan semakin parah. 

Solusi Cara Memperbaiki Micro SD Yang Error Tidak Bisa Di Format

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki micro SD yang error dan tidak bisa diformat ulang:

1. Format ulang lewat PC.

Untuk memperbaiki micro SD Anda yang rusak, salah satu efektif untuk memperbaikinya adalah melakukan format ulang melalui komputer pribadi atau PC Anda. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan format ulang micro SD lewat PC Anda:
- Sebaiknya gunakan card reader untuk menempatkan micro SD Anda. Fungsi dari card reader ini adalah untuk membuat micro SD Anda bisa tersambung ke komputer Anda.
- Sambungkan card reader dengan komputer dengan cara menancapkan card reader pada komputer Anda.
- Cari drive micro SD Anda lakukan klik kanan. Pilih format dengan mengganti file system dengan FAT dan lakukan centang pada Quick Format.
Langkah selanjutnya klik start dan tunggu hingga proses format selesai dilakukan. Segera eject drive untuk mengeluarkan memori Anda dari komputer.

2. Memakai command prompt.

Bila cara format melalui PC tidak dapat memperbaiki kerusakan micro SD Anda, Anda dapat mencoba menggunakan command prompt. Cara ini mungkin sedikit lebih rumit namun Anda dapat mencobanya untuk memperbaiki kerusakan pada micro SD milik Anda. berikut langkah-langkah memperbaiki micro SD dengan menggunakan command prompt:
- Sambungkan micro SD pada komputer menggunakan card reader.
- Cari drive micro SD milik Anda dan klik start kemudian run.
- Ketikkan CMD hingga sebuah jendela command prompt muncul.
- Ketikkan FORMAT G:/FS:FAT pada jendela command prompt. Satu hal yang harus Anda ingat saat mengetikkan formula pada command prompt adalah nama drive micro SD Anda. Jika drive micro SD Anda adalah F makan FORMAT G harus digantik dengan FORMAT F dan seterusnya.

3. Memanfaatkan properties.

Cara lain yang bisa digunakan untuk memperbaiki micro SD Anda adalah dengan memanfaatkan properties yang dapat Anda lihat saat melakukan klik kanan pada drive micro SD milik Anda. Berikut langkah-langkah memperbaiki micro SD dengan memanfaatkan pilihan properties pada drive micro SD milik Anda:
- Sambungkan micro SD Anda pada komputer dengan memanfaatkan fasilitas card reader.
- Pada drive micro SD Anda lakukan klik kanan dan pilih properties dan klik bagian tools kemudian lakukan pilihan pada check now.
- Berikan tanda centang pada opsi automatically check system for error. Lakukan hal yang sama pada opsi attempt recovery of bad sectors. Lanjutkan dengan klik start.
- Tunggu proses hingga selesai dan lakukan eject untuk mengeluarkan micro SD Anda dari koneksi dengan komputer. 

Itulah cara memperbaiki dan mengatasi micro SD error tidak bisa diformat yang bisa anda praktekan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat . . .
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top