Portal Seputar Tutorial > kata Romantis > Blog > Bisnis Online > Paket Internet > Gadget > Komputer > Kesehatan dll.

Aug 19, 2016

Cara Belajar Chord Gitar Dan Kunci Dasarnya

Belajar chord gitar bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan asalkan dilakukan dengan tekun dan disiplin rajin latihan agar jari-jari bisa secara otomatis pindah dari chord satu ke chord yang lainnya. Untuk mulai belajar bermain gitar, Anda bisa terlebih dahulu mencoba memetik senar dengan nada-nada dasar yang ada pada kunci-kunci atau chord gitar. Kemudian bisa dilanjutkan dengan chord lanjutan dan belajar untuk memainkan lagu sederhana dengan gitar. Ada kalanya mungkin saat belajar memainkan chord pada gitar Anda merasa putus asa karena tidak mengalami kemajuan. Tapi jangan khawatir, jari-jari Anda yang kapalan karena terlalu banyak menekan dan memetik gitar bisa membuahkan hasil yang manis dan Anda bisa dengan mudah memainkan lagu-lagu dengan latihan yang tekun. Berikut adalah beberapa tips dan juga gambar nada dasar untuk mulai belajar chord gitar.

Meluweskan jari
Saat pertama kali belajar main gitar, jari-jari Anda mungkin akan terasa pegal karena memainkan senar-senar dan chord pada gitar. Untuk mengurangi rasa pegal tersebut, sebelumnya Anda bisa melakukan pemanasan ringan untuk melemaskan otot-otot pada jari dan tangan. Semakin lama Anda belajar memainkan chord-chord maka akan semakin luwes jari Anda dalam bermain.

Memainkan lagu dengan kunci dasar
Belajar chord gitar bisa lebih cepat dikuasai apabila Anda langsung belajar memainkan lagu. Kunci dasar yang biasa digunakan pada chord gitar ada dua jenis yaitu kunci major seperti C, D, E, F, G, A, B, dan juga kunci dasar minor seperti Cm, Bm, Dm, Em, Fm, Gm, Am dan Bm. Saat membaca tab chord gitar, Anda mungkin akan menemukan gambar pagar atau # yang disebut dengan kres. Jika belum mahir bermain kunci dasar gitar, sebaiknya simpan dulu belajar memainkan chord kres karean membutuhkan keterampilan jari yang cukup rumit jika belum menguasai dan luwes memainkan kunci dasar. Kunci-kunci dasar pada chord gitar bisa Anda temukan di banyak lagu popular sehingga tidak perlu khawatir kesulitan untuk mencari contoh chordnya.

Memahami simbol pada gambar chord
Ketika membaca chord gitar, Anda akan menemukan beberapa simbol yang biasa digunakan untuk menjadi panduan di mana posisi jari Anda. Simbol yang biasa terdapat pada chord gitar antara lain adalah bintik hitam yang menandakan bahwa jari Anda harus menekan pada titik tersebut, kemudian ada tanda x yang berarti tidak boleh dipetik dan tanda o yang artinya boleh dipetik. Kemudian gambar garis-garis pada chord yang menyerupai kolom itu adalah gambar jumlah senar pada gitar. Cara membaca chord adalah dari kanan ke kiri, garis yang paling kanan adalah senar satu atau yang paling bawah saat memainkan gitar, dan garis paling kiri adalah senar 6 atau senar paling atas. Demikian adalah beberapa tips untuk mulai belajar chord gitar.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top