Portal Seputar Tutorial > kata Romantis > Blog > Bisnis Online > Paket Internet > Gadget > Komputer > Kesehatan dll.

Nov 23, 2015

Contoh Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar mungkin nampak sepele bagi Anda. Namun surat lamaran ini akan dibaca oleh perusahaan yang Anda lamar sebagai perkenalan secara garis besar mengenai siapa Anda dan kemampuan apa yang dimiliki yang dibutuhkan oleh perusahaan.  Sayangnya, masih banyak pencari pekerja di Indonesia yang masih belum paham bagaimana caranya menyusun surat lamaran kerja yang baik. Padahal perusahaan bisa menilai Anda dari cara penulisan surat lamaran yang Anda ajukan. 

Surat lamaran kerja juga bisa menjadi acuan bagi perusahaan untuk melihat kesan pertama pada diri Anda karena tulisan seseorang mencerminkan kepribadiannya. Makanya masih ada perusahaan yang meminta surat lamaran dikirim dengan tulisan tangan. Agar potensi Anda bisa dilihat oleh perusahaan yang Anda lamar, berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang baik dan meyakinkan. 

- Isi surat lamaran kerja


Contoh Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Apa saja isi surat lamaran kerja yang bisa menarik perhatian sebuah perusahaan? Ternyata tidak hanya nama atau jenjang pendidikan Anda saja yang dilihat tetapi juga struktur keseluruhannya. Hal-hal kecil seperti tanggal penulisan, tempat, kalimat penyusunnya menjadi poin penilaian bagi HRD sebuah perusahaan untuk memutuskan akan memanggil Anda untuk proses seleksi selanjutnya atau tidak. Contoh surat lamaran kerja yang baik setidaknya mengandung elemen-elemen penting berikut ini:
1. Tempat dan tanggal penulisan di mana dan kapan Anda menulis surat lamaran kerja
2. Nama perusahaan yang ditujukan, lebih lengkap lagi jika langsung ditujukan kepada nama HRD yang menerima surat lamaran
3. Salam hormat sebelum memulai isi surat
4. Kata pengantar yang menjelaskan dari mana Anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan posisi yang ingin Anda lamar
5. Biodata pribadi yang singkat, biasanya berisi nama, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, tahun lulus
6. Pengalaman kerja dan kemampuan penunjang yang dimiliki. Apabila belum memiliki pengalaman kerja, cukup jelaskan singkat apa keahlian yang Anda miliki yang sesuai dengan lowongan yang terbuka
7. Kata penutup yang menyatakan harapan Anda untuk bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut, dan juga sampaikan terima kasih karena sudah dibaca surat lamarannya. 

- Menggunakan Bahasa Yang Sopan


Tangerang,  25 November 2015

Kepada Yth.

Manajer Personalia

di
Tempat

Perihal : Lamaran Kerja

Dengan Hormat,

 Yang bertanda tangan d bawah ini  :

Nama                             : Efri Janapria, S.Kom
Tempat, tanggal lahir  : Cibadak, 15 Agustus 1994
Alamat                            : Jln.Nanjak, kec.Wangun Kulon RT.01 RW.05 
Pendidikan terakhir : S1 - Tehnik Informatika
No Telepon / Hp          : 081234513145

Mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk dapat diterima menjadi Karyawan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Foto Copy KTP
2. Curriculum Vitae
3. Foto Copy Izajah 
4. Foto Copy Transkip Nilai  
5. Foto Copy SKCK
6. Pas Photo 

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.                     

                                                                                                            
                                                                                                                                Hormat saya,

                                                                                                        
                                                                                                          
                                                                                                                           Efri Janapria, S.Kom

                                                                                                           
Contoh surat lamaran kerja yang baik adalah dengan menggunakan bahasa yang bukan hanya sopan tetapi juga baku. Dunia kerja adalah dunia yang profesional, bahkan ketika Anda melamar ke perusahaan yang bekerja di bidang kreatif yang sekilas nampak meninggalkan keformalitasan, tetap harus menunjukkan etika Anda dalam berbahasa. Anda bisa menunjukkan kemampuan non-formal Anda yang dijelaskan dalam CV atau pada portofolio yang dilampirkan bersama dengan surat lamaran. Apalagi ketika mengirim surat lamaran, file Anda akan masuk ke bagian perusahaan di mana semuanya lebih berpengalaman daripada Anda maka sudah sepantasnya bagi pelamar kerja untuk menggunakan bahasa yang baik. 

- Tidak usah bertele-tele
Selain menggunakan bahasa baku, contoh surat lamaran kerja adalah dengan menggunakan bahasa yang lugas. Jelaskan isi surat dengan kalimat yang lugas dan tidak ambigu serta langsung ke maksud Anda dalam mengirimkan surat lamaran. Begitu juga ketika mnceritakan pengalaman kerja, organisasi, atau keahlian yang Anda miliki. Surat lamaran kerja tidak perlu panjang-panjang, maksimal hanya 2 lembar saja.

- Dibuat sendiri
Anda boleh saja mencari contoh surat lamaran kerja di internet atau menggunakan surat lamaran milik teman Anda yang sudah diterima bekerja. Tetapi jangan lupa untuk memodifikasinya yang sesuai dengan kenyataan data diri Anda dan ketentuan yang dicari oleh perusahaan.  Apabila Anda ceroboh belum mengganti data pada surat lamaran kerja, ini bisa berpengaruh kepada kredibiiltas Anda di mata penerima surat lamaran kerja. Lebih parah lagi, apabila surat lamaran Anda dibuat dengan berlebihan, artinya tidak sesuai dengan kebenaran Anda maka perusahaan berhak mengambil tindakan hukum untuk tuntutan penipuan.

- Lengkapi dengan lampiran
Surat lamaran kerja hanya berisi mengenai data diri, pengalaman, dan keahlian secara singkat. Anda bisa melampirkan data yang lebih lengkap melalui CV yang diisi mengenai rincian data diri, pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, pelatihan dan lainnya yang dijelaskan lebih lengkap. Namun CV pun sebaiknya jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Standar CV adalah 2 lembar yang biasanya menggunakan format yang lebih ringkas dan tidak berupa kalimat panjang. Sertakan pula fotokopi ijazah, transkrip nilai, dan juga sertifikat-sertifikat pelatihan atau kursus yang Anda miliki selian menyertakan lampiran wajib yang diminta oleh perusahaan. 
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top