Portal Seputar Tutorial > kata Romantis > Blog > Bisnis Online > Paket Internet > Gadget > Komputer > Kesehatan dll.

Jul 25, 2016

Cara Belajar Gitar Untuk Pemula Secara Otodidak

Cara belajar gitar untuk pemula - Teknik cara belajar gitar ini bisa Anda terapkan di waktu senggang, dengan atau tanpa bantuan orang lain yang lebih ahli. Walaupun dengan cara ini setidaknya membutuhkan proses yang lumayan lama. Namun jika anda serius dan tekun dalam belajar gitar tentu prosesnya akan lebih cepat dan mudah serta mendapatkan hasil yang diharapkan.

Cara Belajar Gitar Untuk Pemula Secara Otodidak

 

Miliki gitar yang sesuai 


Cara Belajar Gitar Untuk Pemula Secara Otodidak


Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat ingin belajar gitar adalah memiliki gitar yang sesuai. Dalam hal ini, akan lebih baik jika Anda membeli gitar manual atau gitar akustik daripada gitar elektrik yang memiliki nada berbeda dari gitar latihan. Namun demikian, jika Anda merasa belum perlu membeli gitar, cobalah berlatih menggunakan gitar akustik milik teman atau saudara.
 

Pelajari kunci dasar 



Cara Belajar Gitar Untuk Pemula Secara Otodidak


Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah mempelajari kunci dasar, mulai dari kunci C, D, E, F, G, A, dan B.

a.   Kunci C dilatih dengan memposisikan jari telunjuk pada senar 2 kolom 1. Sementara itu, jari tengah ada pada posisi senar 4 kolom 2 dan jari manis pada senar 5 kolom 3. Bunyikan semua senar kecuali senar 6.

b.   Kunci D dilatih dengan memposisikan jari telunjuk pada senar 3 di kolom yang kedua. Jari tengah ada pada senar 1 kolom 2 dan jari manis ada pada senar 2 kolom 3. Bunyikan semua senar kecuali senar 5 dan 6.

Pelajari metode setem gitar


Ketika Anda sudah mulai menguasai kunci dasar, pelajari pula setem gitar yang akan membantu Anda memainkan nada gitar pada posisi nada rendah maupun nada tinggi. untuk mempelajari hal ini, kunci yang perlu Anda ingat umumnya adalah kunci C, D, dan E.


Pelajari chord gitar


Ketika Anda sudah mulai menguasai nada dasar dan teknik setem gitar, belajarlah chord giar dari berbagai jenis lagu. Namun agar latihan yang Anda lakukan tidak membuat diri sendiri terbebani. Mulailah dengan mempelajari chord gitar untuk lagu pop atau lagu yang iramanya lembut.

Belajar kunci gantung


Saat Anda sudah mulai memahami beragam jenis kunci dasar, pelajari kunci gantung yang biasanya menghasilkan nada rendah atau nada bass. Teknik belajar kunci gantung akan membantu Anda dalam belajar berbagai jenis lagu yang nadanya lebih berat.

Belajar dengan aplikasi


Ketika Anda masih merasa perlu belajar banyak tentang gitar, salah satu metode yang bisa Anda gunakan adalah belajar gitar melalui sistem aplikasi yang ada di telepon genggam. Anda bisa mendownload aplikasi khusus bermain gitar kemudian mempelajari nada dasar, chord, maupun komponen lain dalam gitar secara virtual. 

Belajar memetik gitar


Saat sudah menguasai banyak nada dan teknik dalam gitar, belajarlah memetik gitar dan memainkan sebuah lagu secara penuh. Hal tersebut akan membantu Anda memahami apa yang masih kurang dalam permainan Anda. 
Semoga berbagai metode dan cara belajar gitar untuk pemula secara otodidak ini membantu Anda yang ingin belajar alat musik gitar.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top