Portal Seputar Tutorial > kata Romantis > Blog > Bisnis Online > Paket Internet > Gadget > Komputer > Kesehatan dll.

Aug 7, 2016

4 Teknik Belajar Melodi Gitar Yang Harus Anda Kuasai

Belajar melodi gitar – Gitar adalah alat musik modern yang paling populer di seluruh dunia. Musik tidak akan pernah lepas dari kehidupan manusia dan alat musik yang paling sering dimainkan untuk menciptakan sebuah melodi adalah gitar. Kebanyakan orang yang bisa memainkan alat musik pertama kali yang dipelajari adalah gitar karena dengan belajar gitar Anda bisa membaca sebuah sheet musik, mengenal tangga-tangga nada dan juga chord, gitar juga cenderung lebih mudah untuk dipelajari. Jadi apa saja yang mesti dipelajari ketika Anda ingin belajar melodi gitar?

4 Teknik Belajar Melodi Gitar Yang Harus Anda Kuasai

Teknik Cara Belajar Melodi Gitar


1. Hammer on

Teknik hammer on adalah teknik membunyikan dua nada dalam satu waktu bersamaan. Teknik ini dilakukan dengan menghubungkan dua not atau lebih dalam waktu yang cepat sebelum senar yang dipetik sebelumnya berhenti bergetar sehingga menghasilkan sebuah melodi yang saling menyambung. Contoh latihannya bisa dilihat pada gambar. Petik senar 1 dengan cukup kuat agar senar bisa bergetar lebih lama kemudian dengan cepat pukulkan jari telunjuk ke fret 3 pada senar yang sama maka Anda bisa menghasilkan dua nada. Untuk belajar memainkan lebih dari dua nada, petik satu senar kemudian pukul senar dari satu fret ke fret lainnya dengan cepat.

2. Pull off

Teknik belajar melodi gitar yang kedua adalah kebalikan dari hammer on yang menghasilkan melodi dari memetik fret ke bawah. Pull off adalah teknik menghasilkan melodi dengan memetik fret ke atas. Contohnya adalah menekan jari tengah pada senar fret 7 dan jari telunjuk pada fret 5, kemudian petik senar. Lalu dengan cepat angkat jari tengah sehingga terjadi perubahan nada dan menghasilkan sebuah melodi yang dihasilkan dari dua nada.

3. Vibrato

Hampir mirip dengan suara nada vokal yang menghasilkan melodi vibrato, caranya adalah dengan membunyikan satu nada tertentu kemudian sambil tetap menekan senar pada nada tersebut getarkan jari Anda ke atas dan ke bawah sehingga menghasilkan melodi panjang dengan distorsi suara. Teknik belajar melodi gitar ini akan lebih digunakan pada gitar elektrik karena senar yang digunakan lebih tipis dan suara vibra yang dihasilkan bisa lebih terdengar jelas. Petik senar dengan kencang dan kuat agar suara yang dihasilkan lebih keras dan tahan lama sehingga vibra yang keluar juga bisa panjang.

4. Bending

Teknik ini hampir sama dengan teknik vibrato hanya bedanya adalah senar hanya digerakkan atau di-bend ke atas sehingga melodi yang dikeluarkan akan bersuara nyaring melengking. Teknik ini juga akan lebih mudah dan mantab dilakukan untuk gitar elektrik. Bending akan lebih mudah untuk dilakukan dengan menggunakan dua jari yaitu tengah dan jari manis, bahkan untuk yang masih pemula disarankan untuk menggunakan 3 jari akan lebih nyaman dan bisa mantab untuk melakukan bendingnya. Demikian adalah beberapa teknik dasar yang bisa Anda lakukan saat belajar melodi gitar.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top