Portal Seputar Tutorial > kata Romantis > Blog > Bisnis Online > Paket Internet > Gadget > Komputer > Kesehatan dll.

Aug 19, 2016

Tips Sederhana Cara Memetik Gitar Untuk Pemula

 Tips Sederhana Cara Memetik Gitar Untuk Pemula – Jika Anda melihat orang yang sedang asyik bermain gitar rasanya terlihat mudah sekali untuk memetik senar dan menghasilkan nada-nada yang mengalir dengan indah. Tapi nyatanya belajar untuk memetik gitar tidak semudah yang terlihat. Seseorang harus rutin untuk belajar dengan dedikasi dan motivasi yang tinggi karena belajar bermain gitar tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat agar mahir. Bagaimana cara memegang gitar yang benar, bagaimana cara memetik senar-senar agar menghasilkan nada yang nyaring dan pas nadanya, dan bagaimana merangkai nada-nada chord menjadi sebuah melodi yang nyambung membutuhkan latihan yang konsisten. Berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk memandu Anda cara memetik gitar.

Cara Memetik Gitar Dengan Benar Bagi Pemula

 Tips Sederhana Cara Memetik Gitar Untuk Pemula

Cari Posisi Yang Nyaman

Kebanyakan pemain gitar lebih suka memainkan gitar dengan meletakkannya di atas paha kaki kiri. Yang paling penting dalam mencari posisi bermain gitar yang nyaman adalah senyamannya Anda saja. Jika Anda lebih suka menaruhnya di kaki kanan atau bergantian antara kaki kiri dan kanan juga sesuka Anda. Ketika sedang pertama kali belajar memainkan jari-jari pada senar dan berpindah dari satu fret ke fret lainnya, mungkin Anda lebih banyak menunduk untuk melihat dan mengontrol pergerakan jari-jari Anda. Namun lama kelamaan jari-jari Anda bisa bergerak secara otomatis seperti jari yang mengetikkan huruf per huruf di keyboard komputer. Jika sudah mulai hapal, sebaiknya perbaiki postur tubuh Anda agar tidak selalu membungkuk ke depan.

Penomoran Jari

 Tips Sederhana Cara Memetik Gitar Untuk Pemula


Cara memetik gitar yang kedua adalah dengan memberikan nomor pada jari yang digunakan untuk memetik gitar agar bisa memainkan melodi-melodi dengan cepat dan pas terutama untuk lagu dengan tempo yang cepat. Penomoran jari untuk memetik senar bisa dilakukan dengan ketentuan berikut:
Ibu jari (pulgar) memetik senar nomor 5 dan 6
Telunjuk (induce) memetik senar nomor 4
Jari tengah (medio) memtik senar nomor 3
Jari manis (anular) memetik senar nomor 2
Jari kelingking (dedo menique) memetik senar nomor 1


Latihan Dengan Chord

Setelah tahu penomoran pada jari-jari yang digunakan untuk memetik senar, saatnya belajar chord yang ada pada gitar. Chord dasar yang bisa Anda kuasai terlebih dahulu adalah C, Am, dan A. Kemudian bisa dilanjutkan dengan full chord yaitu F#m, C#, dan sebagainya. Latihan chord dilakukan sambil meluweskan jari-jari ketika memetik senar. Selanjutnya Anda bisa memainkan sebuah lagu dengan chord yang dasar sambil belajar teknik-teknik untuk memainkan melodi pada gitar. Chord-chord gitar yang digunakan pada lagu bisa Anda temukan dengan mudah di banyak majalah dan juga artikel-artikel internet. Jangan menyerah untuk belajar gitar dan tekunlah agar Anda bisa fasih dalam cara memetik gitar.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top