Portal Seputar Tutorial > kata Romantis > Blog > Bisnis Online > Paket Internet > Gadget > Komputer > Kesehatan dll.

Feb 13, 2016

3 Jenis Cara Menyetem Gitar Dengan Benar dan Tepat Untuk Pemula

Cara menyetem gitar pada dasarnya cukup sederhana jika memang mau untuk memperhatikan dan juga terus belajar, namun untuk para pemula memang membutuhkan waktu untuk mempelajarinya. Oleh karena itu pada kesempatan kali kita akan membahasnya, namun sebelumnya Anda juga perlu mengetahui beberapa informasi dasar yang lainnya terlebih dahulu. Untuk bisa melakukan stem gitar, maka Anda juga perlu memperhatikan jenis gitar itu sendiri dan jika Anda sudah melakukan stem di beberapa nada terhadap senar gitar, maka nantinya senar – senar tersebut akan memiliki nada yang tepat dan juga merdu. 

Jika memang sudah distem secara sempurna, tentu saja nantinya jika Anda ingin menggunakan gitar tersebut akan menghasilkan nada yang sempurna dan harmonis meskipun dengan berbagai macam chord. Menyetem gitar sendiri terdapat tiga macam cara, dan berikut ini adalah cara menyetem gitar yang bisa Anda coba:

3 Jenis Cara Menyetem Gitar Dengan Benar dan Tepat Untuk Pemula
 Cara Menyetem Gitar Dengan Benar dan Tepat Untuk Pemula

Cara Menyetem Gitar Dengan Benar dan Tepat Untuk Pemula

1. Secara Manual

Yang pertama adalah secara manual, cara tersebut memang menjadi salah satu cara yang paling banyak digunakan di dalam menyetem gitar, selain itu nantinya tidak membutuhkan biaya karena memang hanya dilakukan secara manual. Namun memang dibutuhkan kepekaan dari telinga di dalam cara ini. Caranya sendiri adalah dengan menentukan senar nomor 1, setelah itu nantinya Anda menekan senar nomor 2 di fret ke 5 dan samakan dengan nada senar nomor 1 tadi. Setelah itu tekan senar nomor 3 di fret ke 4 dan samakan dengan nada yang dihasilkan oleh senar nomor 2. 

Karena menyamakan nada – nada di setiap fret dan juga nadanya sama menjadi suatu hal yang penting dan dengan cara tersebut gitar Anda sudah terstem dengan baik. Dan senar yang menjadi patokan adalah senar 1. Urutannya sendiri adalah senar 1 sama dengan fret 5 senar 2, senar 2 sama dengan fret 4 senar 3, senar 3 sama dengan fret 5 senar 4, senar 4 sama dengan fret 5 senar 5, dan senar 5 sama dengan fret 5 senar 6.

Simak : Cara Efektif Belajar Gitar Listrik Untuk Pemula

2. Menggunakan Tuner

Kemudian cara yang kedua adalah dengan menggunakan tuner, cara ini memang bisa dibilang lebih akurat karena tuner sendiri merupakan sebuah alat yang mana dibuat khusus untuk bisa memudahkan Anda dalam menyetem gitar. Untuk cara kerjanya sendiri adalah dengan menangkap gelombang frekuensi yang mana diterima dari bunyi getaran senar gitar yang nantinya akan dicari nada dari gelombang tersebut. 

Jenis tuner yang Anda bisa gunakan sendiri terdapat 2 yaitu clip tuner yang mana nantinya bisa dijepiitkan pada headstock gitar. Dan untuk yang kedua adalah jenis tuner gitar pedal yang mana Anda membutuhkan sebuah kabel yang nantinya di hubungkan dengan gitar dan terdapat equalizer. Cara ini tentu saja lebih mudah, namun Anda juga harus menyetel senarnya nomor 1 sampai nantinya mucul tampilan nada E dan urutan yang lainnya adalah senar 1 sama dengan E, senar 2 sama dengan B, senar 3 sama dengan G, senar 4 sama dengan D, senar 5 sama dengan A dan senar 6 sama dengan E.

Baca jugaTeknik Dasar Cara Melatih Kecepatan Jari Tangan Dalam Bermain Gitar

3. Aplikasi Tuner
Dan yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi tuner dari smartphone, di zaman seperti sekarang teknologi sudah semakin banyak sehingga Anda bisa mencoba untuk mengunduh aplikasi ini sebagai salah satu cara menyetem gitar.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top